Powered by Blogger.

Tag:

PRESS RELEASE EINSTEIN COMPETITION 2017

Einstein Competition merupakan salah satu rangkaian acara Pekan Ilmiah Fisika UNJ ke-15 yang berupa olimpiade Fisika tingkat SMA/sederajat di seluruh Indonesia.

Dokumentasi Einstein Competition 2017:
Sertifikat Semifinalis, Finalis, Pembimbing:
unduh di sini

BABAK PENYISIHAN EINSTEIN COMPETITION
(Sabtu, 30 September 2017)

Sabtu, 30 September 2017 pukul 08.00 WIB di Gedung K.H. Hasyim Asyarie Lantai 3, Kampus A UNJ telah dilaksanakan Babak Penyisihan Einstein Competition. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 regional yaitu regional Bandung yang dilaksanakan di Universitas Pendidikan Indonesia dan regional Jakarta yang dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh 68 tim dari 68 tim yang terdaftar.

Sebelum memulai ujian, para peserta diberikan kesempatan untuk mengulang kembali materi yang akan diujikan. Pada pukul 10.00 WIB, peserta mulai mengerjakan soal dalam bentuk pilihan ganda yang diberikan oleh pengawas.
Kegiatan berakhir pada pukul 12.00 dengan sesi foto bersama dan pemberian kesan pesan oleh peserta mengenai kegiatan ini.
Jum'at, 06 Oktober 2017 hasil seleksi babak penyisihan diumumkan.
Babak penyisihan ini akan menyisakan 25% dari jumlah tim yang hadir atau sebanyak 17 tim sebagai Semifinalis.
Hasil pengumuman babak penyisihan dapat dilihat di sini


BABAK SEMIFINAL DAN FINAL EINSTEIN COMPETITION
(Sabtu, 14 Oktober 2017)

Sabtu, 14 Oktober 2017 telah dilaksanakan Babak Semifinal Einstein Competitiondi UPT Perpustakaan Kampus A UNJ dan dihadiri oleh 17 tim Semifinalis. Peserta mulai melakukan registrasi pada pukul 08.30 WIB. Kegiatan ini dipimpin oleh Anindya Adhiguna selaku MC dan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an. Kemudian sambutan oleh Hilman Rizki Yudhaperwira (Ketua Pelaksana PIF UNJ 2017) dan Bayu Mukti Sanjoyo (Ketua BEM Fisika UNJ 2017).

Pukul 09.30 para peserta mulai mengerjakan soal-soal babak semifinal. Soal-soal berupa essay dan analisa video. Peserta selesai mengerjakan soal pada pukul 11.30 dan dilanjutkan dengan ISHOMA (Istirahat, Sholat, Makan).

Setelah ISHOMA, panitia mengumumkan hasil Semifinal Einstein Competition.

Sebanyak 5 (lima) tim Finalis dinyatakan berhasil lolos ke Babak Final Einstein Competition.
5 tim tersebut ialah:
1. SMAN 14 JAKARTA
Farras Ezra C dan Rayhan Danendra
2.SMAK PENABUR KOTA WISATA
Brigitta Natasya Halim dan Monique Feodora Thenko
3. SMAN 2 KRAKATAU STEEL CILEGON
Abeltus Reforma Putra dan Jefry Andre Dwi Putra
4. SEKOLAH DIAN HARAPAN
Michael Shane dan Albert Thema Alessandro
5. SMAN 1 KARAWANG
Dewi Assaningsih Affandi dan Fia Mulyani
Hasil Penilaian babak Semifinal dapat dilihat di sini

Ke lima tim tersebut berhak mengikuti tahap selanjutnya yaitu Cerdas Cermat. Cerdas Cermat terdiri dari tiga babak yaitu :
-Babak Kumpul Point
Pada babak ini peserta mengumpulkan poin sebanyak soal yang berhasil dijawab dengan benar.
-Babak Trivia Bertingkat
Pada babak ini peserta akan mendapatkan soal trivia bertingkat, semakin sulit soal tersebut maka semakin besar pula poin yang akan didapatkan.
-Babak Pasar Nilai
Pada babak ini peserta boleh memasang poin terbaiknya untuk menjawab pertanyaan. Jika jawabannya “Benar” maka peserta akan mendapatkan poin sebesar yang telah dipasang, namun jika jawabannya “Salah” maka poin peserta akan dikurangi sebesar yang telah dipasang.

Pada tahap Cerdas Cermat babak trivia bertingkat, tim dari SMAN 1 Karawang memiliki poin minus (-) sehingga dinyatakan gugur atau tidak dapat melanjutkan ke babak selanjutnya. Pada babak pasar nilai, poin terendah dimiliki oleh SMAK Penabur Kota Wisata, sehingga 3 (tiga) tim yang dinyatakan berhasil lolos ke Grand Final Einstein Competition ialah:
1. SMAN 14 JAKARTA
Farras Ezra C dan Rayhan Danendra
2. SMAN 2 KRAKATAU STEEL CILEGON
Abeltus Reforma Putra dan Jefry Andre Dwi Putra
3. SEKOLAH DIAN HARAPAN
Michael Shane dan Albert Thema Alessandro
Hasil Penilaian babak Final dapat dilihat di sini

Pada babak Grand Final, para peserta membuat sebuah alat peraga dengan bahan-bahan yang sudah disiapkan oleh panitia dan mempresentasikan sebuah alat peraga bertemakan Energi Terbarukan dihadapan penonton dan juri yaitu . Setelah semua tim mempresentasikan alat peraga masing-masing, kini berakhir sudah kegiatan Einstein Competition dengan mendapatkan sang pemenang dari semua tim yang terbaik yaitu :
JUARA I
SMAN 14 JAKARTA
Farras Ezra C dan Rayhan Danendra
JUARA II
SEKOLAH DIAN HARAPAN
Michael Shane dan Albert Thema Alessandro
JUARA III
SMAN 2 KRAKATAU STEEL CILEGON
Abeltus Reforma Putra dan Jefry Andre Dwi Putra
Hasil Penilaian babak Grand Final dapat dilihat di sini

Selamat kepada para peserta yang sudah berhasil melewati setiap Babak Einstein Competition. Tetaplah semangat berlatih dan belajar, karena pengalaman tidak dapat ditukar dengan apapun. Apresiasi yang luar biasa dari kami, Panitia Pekan Ilmiah Fisika UNJ untuk seluruh peserta Einstein Competition 2017.

Sampai Jumpa di Einstein Competition 2018!👋👋





0 komentar:

 

VISIT US