Powered by Blogger.

Tag: ,

PRESS RELEASE EINSTEIN COMPETITION 2018


Einstein Competition (EC) merupakan bagian dari rangkaian acara Pekan Imliah Fisika (PIF) UNJ 2018. Einstein Competition (EC) merupakan kompetisi fisika tertulis dengan format olimpiade dan trivia tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Prodi Pendidikan Fisika UNJ. Kompetisi ini diikuti oleh Siswa/i SMA/sederajat.

Kompetisi Einstein Competition ini dibagi menjadi dua babak. Babak pertama yaitu babak penyisihan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Oktober 2018. Dan babak Semifinal dan Final yang dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 20 Oktober 2018. 


Babak Penyisihan Einstein Competition

Sabtu, 6 Oktober 2018 telah dilaksanakan Babak Penyisihan Einstein Competition di Gedung Raden Adjeng Kartini lantai 6, kampus A UNJ. Babak penyisihan Einstein Competition ini dihadiri oleh 71 tim.

Pukul 09.30 peserta melakukan registrasi di depan ruang kelas ujian masing-masing. Pada pukul 10.15 dibacakan tata tertib olimpiade dan pembagian soal serta LJK kepada para peserta. Babak penyisihan Einstein Competition berlangsung dengan durasi waktu 120 menit. Peserta mulai mengerjakan soal dalam bentuk pilihan ganda pukul 10.30. Pada pukul 12.30 babak penyisihan penyisihan Einstein Competition berakhir dan LJK peserta dikumpulkan ke pengawas. Pukul 12.45 peserta meninggalkan ruang kelas ujian. Di luar ruang kelas peserta mengambil makan siang dan sertifikat serta melakukan sesi foto dan testimoni.
 
Sabtu, 13 Oktober 2018 hasil seleksi babak penyisihan Einstein Competition diumumkan. Dari 71 tim yang mengikuti babak penyisihan Einstein Competition terpilih 17 tim yang berhasil lolos dari babak penyisihan dan lanjut ke babak semifinal dan final Einstein Competition.

Hasil penyisihan Einstein Competition dapat dilihat melalui  http://bit.ly/HasilEC2018

Babak Semifinal dan Final Einstein Competition

Sabtu, 20 Oktober 2018 telah dilaksanakan Babak Semifinal dan Final Einstein Competition di Aula UPT Perpustakaan Kampus A UNJ. Babak Semifinal Einstein Competition dihadiri oleh 17 tim yang lolos dari Babak Penyisihan Einstein Competition.

Pukul 07.30 peserta melakukan registrasi di depan Aula UPT Perpustakaan UNJ. Pada pukul 08.15 dibacakan tata tertib olimpiade dan pembagian soal serta LJK kepada para peserta. Babak semifinal Einstein Competition berlangsung dengan durasi waktu 120 menit. Peserta mulai mengerjakan soal dalam bentuk essay dan analisa video pukul 08.30. Pada pukul 10.30 babak semifinal Einstein Competition berakhir dan LJK peserta dikumpulkan ke pengawas. Pukul 10.40 peserta meninggalkan ruang ujian. Di luar ruang ujian peserta mengambil makan siang dan beristihat untuk kemudian menunggu pengumuman peserta yang lolos babak semifinal Einstein Competition. Pada pukul 12.30 peserta mulai masuk kembali ke Aula UPT Perpustakaan UNJ. Pukul 12.35 diumumkan peserta yang lolos babak semifinal Einstein Competition untuk kemudian lanjut ke babak final Einstein Competition.

Dari 17 tim yang mengikuti babak semifinal Einstein Competition, sebanyak 5 tim peserta dinyatakan berhasil lolos ke babak final Einstein Competition.

Hasil semifinal Einstein Competition dapat dilihat melalui Hasil Semifinal EC 


Berikut 5 tim peserta yang berhasil lolos ke babak final Einstein Competition:
  1. Florencia Eflata Bunaren dan Muthia Azizah dari SMAN 4 Bekasi
  2. Kevin Nathaniel dan Daniel Hendrawan dari SMAK Penabur Kota Wisata
  3. Susan Salim dan Derris Limma dari SMAK 6 Penabur Jakarta 
  4. Firman Imam Prasetya dan Achmad Norman Firdaus dari SMAN 2 Depok 
  5. Nathaniel Bryan dan Jason Winaka dari SMAK Ipeka Puri 

Tim peserta yang berhasil lolos babak semifinal Einstein Competition berhak untuk melanjutkan ke babak final Einstein Competition. Babak final Einstein Competition terdiri dari 2 sesi. Sesi pertama yaitu sesi cerdas cermat dan sesi kedua yaitu pembuatan alat peraga sederhana dan mempresentasikannya di depan dewan juri.



Pada pukul 12.45 sesi pertama babak final Einstein Competition yaitu Cerdas Cermat dimulai dengan dibacakannya peraturan dan tata tertib Cerdas Cermat serta pemilihan nomor urut kepada tim peserta. Pukul 13.00 sesi cerdas cermat dimulai dengan diawali babak kumpul poin kemudian dilanjutkan dengan babak trivia poin dan yang terakhir babak pasan poin. Pukul 14.00 sesi cerdas cermat berakhir dan para peserta diperkenankan beristirahat untuk kemudian menunggu pengumuman peserta yang lolos sesi pertama babak final Einstein Competition. Pukul 14.30 peserta yang lolos sesi pertama babak final Einstein Competition diumumkan dan terpilih tiga finalis dengan skor terbesar yang berhak maju ke sesi dua babak final Einstein Competition. Tiga finalis tersebut yaitu:
  1. Kevin Nathaniel dan Daniel Hendrawan dari SMAK Penabur Kota Wisata 
  2. Nathaniel Bryan dan Jason Winaka dari SMAK Ipeka Puri 
  3. Firman Imam Prasetya dan Achmad Norman Firdaus dari SMAN 2 Depok
Pada pukul 14.40 sesi kedua babak final Einstein Competition dimulai. Sesi kedua ini diawali dengan pembuatan alat peraga yang dilakukan oleh 3 tim peserta finalis. Pukul 14.50 pembuatan alat pearaga yang dilakukan 3 tim peserta finalis telah selesai. Pukul 15.55 peserta mulai melakukan presentasi di depan dua dewan juri yaitu Ibu Upik Rahma Fitri, M.Pd dan Kak Diah Ambarwulan, S.Pd. Presentasi pertama alat peraga sederhana dilakukan oleh tim peserta dari SMAN 2 Depok, dilanjutkan dengan presentasi kedua yang dilakukan oleh tim peserta dari SMAK Ipeka Puri, dan presentasi ketiga atau terakhir dilakukan oleh tim peserta dari SMAK Penabur Kota Wisata. Sesi kedua babak final Einstein Competition berakhir pukul 16.25. Kemudian, pada pukul 16.35 diumumkan pemenang juara I, II dan III.

Dengan diumumkannya  pemenang juara I, II, dan III. Maka berakhir sudah rangkaian kegiatan acara Einstein Competition tahun 2018. Tim pemenang juara tersebut adalah:


Juara I Einstein Competition
SMAK Penabur Kota Wisata
Kevin Nathaniel dan Daniel Hendrawan 
------------------------------------------------------------